5 Tips Sebelum Memandikan Kucing

Kucing termasuk juga hewan yang bersih. Dia dapat membersihkan badannya sendiri dengan menjilat sekujur badannya dengan lidahnya. Tetapi, kadang badan kucing kita begitu kotor karena debu, lumpur serta kotoran hingga kita perlu tahu cara memandikan kucing.

Memandikan kucing tidak dapat asal-asalan, lho! Lihat serta aplikasikan beberapa langkah berikut ini!



1. Memangkas kuku kucing saat akan dimandikan 

Sebelum mulai memandikan, sebaiknya bila kamu memangkas kuku kucing terlebih dulu. Ini untuk meminimalisir rasa cemas serta tegang kucing waktu terserang air. Bisa saja, kucing mendadak memberontak serta mencakar kita. Cedera yang disebabkan cakaran kucing dapat membekas serta menyebabkan infeksi di masa datang.

Minimal, potong kuku kucing beberapa saat atau 1-2 hari saat akan dimandikan. Ini mempunyai tujuan agar kucing punyai waktu untuk menentramkan diri. Tetapi, kamu harus super berhati-hati supaya tidak memangkas kuku begitu pendek hingga dapat mengakibatkan rasakan sakit serta pendarahan.

2. Setelah itu, sikat bulu kucing 

tahap selanjutnya yang jangan ditinggalkan ialah menyikat bulu kucing. Menyikat bermanfaat untuk singkirkan bulu yang kusut serta simpul yang lebih susah dilepaskan serta semakin menyakitkan saat pada keadaan basah.

Ada banyak kucing yang menyukai saat disikat bulunya serta mereka malah tertidur sebab menganggap nyaman. Tetapi, saat kucing condong memberontak saat disikat, beri makanan ringan untuk treat buat kucing. Ingat, jangan melepaskan langkah ini, ya!

3. Jangan salah pilih shampo untuk kucing! 

Sebab ketidakjelasannya, sebagian orang akan memberi shampo manusia untuk memandikan kucing. Walau sebenarnya, formula serta bahan yang berada di dalamnya tidak pas untuk kucing! Memakai shampo manusia membuat bulu kucing rontok, kulitnya jadi kering serta jadi toksin buat kucing!

Tenang, shampo kucing mudah didapat, kok! Cukup datangi toko keperluan hewan ( petshop ) paling dekat. Baca panduannya sebelum memandikan kucing. Oh iya, menggunakan shampo anjing untuk kucing pun tidak dianjurkan! Lebih bagus, memandikan dengan air saja dibanding dengan produk yang dapat membahayakan kucing.

4. Buat kucing capek, hingga mereka tidak memberontak saat dimandikan 

Kapan saat yang cocok untuk memandikan kucing? Dianjurkan supaya memandikan kucing pada kondisi mereka capek setelah bermain. Ini agar kucing tidak memberontak, menggigit atau kabur waktu dimandikan. Kamu dapat juga memandikan kucing sesudah mereka terlalu kenyang setelah makan.

Bila kucing masih bertenaga, bermainlah dengan mereka sampai kucing kehabisan energi. Lalu, kamu dapat membawanya ke kamar mandi untuk dimandikan. Kamu dapat juga meletakkan mainan di bak mandi, hingga kucing konsentrasi untuk bermain. Lalu, perlahan masukan air ke bak tanpa ada kucing ketahui.

5. Sediakan bak mandi serta air hangat 

Setelah itu, silahkan kita sediakan bak mandi. Pertama, berikan alas kain atau handuk dibagian bawah bak mandi. Ini bermanfaat agar sisi alas tidak licin buat kucing serta menghindarinya dari efek tergelincir. Disamping itu, alas bermanfaat agar kucing berasa lebih nyaman dan aman.

Lalu, isi bak mandi dengan air hangat. Yakinkan hawanya aman untuk kucing, tidak panas serta tidak dingin. Isi bak mandi dengan air terlebih dulu bermanfaat agar kucing tidak kabur saat kita memasukkan ke bak mandi. And then, oleskan air perlahan ke badan kucing. Sesudah basah, berikan shampo pada kucing.

Posting Komentar

0 Komentar