Essien dan Cole Tak Bisa Main saat Persib Bandung Melawan PS TNI

Essien dan Cole Tak Bisa Main saat Persib Bandung Melawan PS TNI Adi Permana Kepala Kantor Imigrasi Kelas I A Bandung Maulia Purnamawati

DUA pemain asing Persib Bandung Michael Essien dan Carlton Cole dipastikan tidak bisa bermain melawan PS TNI dalam lanjutan Liga 1, di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Sabtu (24/4/2017) nanti.

Hal tersebut lantaran kedua pemain belum memiliki Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS). Essien dan Cole selama ini hanya mengantongi izin tinggal kunjungan. Terkait bisa bermain lawan Arema Malang, kedua pemain bisa bertanding didasarkan pada surat PT Liga Indonesia Baru no 053/LAIN/IV/2017/ tanggal 15 April 2017 yang ditandatangani Berliton Siahaan. Sementara untuk bisa bermain kedua harus punya KITAS.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I A Bandung Maulia Purnamawati mengatakan, sampai saat ini PT PBB selaku penjamin belum mengajukan Permohonan Alih Status Izin Tinggal Kunjungan ke Izin Tinggal Terbatas (ITAS).

Dikatakan Maulia sebelum mengurus KITAS, PT PBB harus menyelesaikan persyaratan Izin Mempekerjakan Tenaga Asing (IMTA) dari Kementerian Ketenagakerjaan. PT PBB sudah mengajukan IMTA namun saat ini izin tersebut belum keluar.

"Dalam aturan Menteri Hukum dan HAM no 43 tahun 2015, KITAS belum keluar dalam waktu 11 hari," ujarnya. Itu artinya kedua pemain tidak bisa tampil membela Persib Bandung di pertandingan kedua melawan PS TNI.

Dikatakan Maulia, terhadap permasalahan yang terjadi, kantor Imigrasi Kelas 1 Bandung akan segera mengambil Tindakan yaitu teguran keras berupa surat peringatan kepada PT PBB selaku penjamin untuk tidak lagi memainkan asing yang belum mendapatkan izin bekerja dan izin tinggal terbatas.

"Kantor Imigrasi masih menunggu PT PBB mengurus segala perizinan terkait yang diperlukan sebagai dasar penerbitan Ijin Tinggal Terbatas (ITAS),'" ujarnya.

Editor: H. Dicky Aditya

Komentar