Terungkap, Ternyata BOPI yang Belum Keluarkan Rekomendasi Bagi Pemain Asing!

Terungkap, Ternyata BOPI yang Belum Keluarkan Rekomendasi Bagi Pemain Asing! bola.com

PT. Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) telah mengurus dua pemain asing Persib, Michael Essien dan Carlton Cole ke PSSI dan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) untuk mendapatkan rekomendasi, sebagai persyaratan Izin Memperkerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) dari Kementerian Tenaga Kerja. Namun sampai saat ini Persib baru dapat rekomendasi dari PSSI, sedangkan rekomendasi BOPI belum didapatkan.

Sebelumnya pihak BOPI mempermasalahkan Persib memainkan Essien dan Cole. Tapi pihak BOPI juga terungkap belum memberikan rekomendasi kepada Persib. Bukan hanya Persib, tapi juga tim-tim lainnya seperti Madura United.

Dalam persyaratan dikeluarkannya KITAS ada beberapa tahapan. Pertama, dalam bentuk Rencana Penggunaan Tenaga Kerja ‎Asing (RPTKA). Kemudian setelah itu dikeluarkan IMTA menjadi telekvitas atau tahap pengurusan izin warga negara asing ke Indonesia. Setelah telekvitas, baru menjadi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) yang dikeluarkan oleh Imigrasi.

"Kami sudah melalui proses atau tahapan pembuatan KITAS. Dalam mengurus perizinan kepada Menaker, tentunya disertai rekomendasi dari PSSI. Sedangkan dari BOPI belum mendapatkan rekomendasi, karena suratnya masih diverifikasi Ketua Umum (BOPI)," kata Sekum Tim Persib, Yudiana kepada wartawan, Selasa (18/4/2017).

Yudiana mengaku, pihaknya belum bisa melangkah apa-apa karena belum kantongi rekomendasi dari BOPI. Padahal pihaknya sudah mengajukan permohonan kepada BOPI sejak jauh-jauh hari, sebelum kompetisi berlangsung.

"Adapun alasan Persib, akhirnya memainkan Essien dan Cole karena mengacu pada izin PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator liga. ‎Tapi tak hanya Persib saja, tim lainnya pun sama. Karena PT. LIB yang mengesahkan pemain," jelasnya.

Menurut Yudiana, pengesahan KITAS sebenarnya tak me‎makan waktu lama. Hanya saja proses perizinannya yang memang dilakukan secara bertahap.

Editor: Dadang Setiawan

Komentar