Aksi Bakar Lilin untuk Ahok vs Nobar Persib, Ini Klarifikasi Pemprov Jabar

Aksi Bakar Lilin untuk Ahok vs Nobar Persib, Ini Klarifikasi Pemprov Jabar PRFM

AKSI menyalakan lilin di depan Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (13/5/2017) untuk menyuarakan keadilan dan perdamaian di Indonesia menuai gelombang protes. Hastag #BandungTeuPaduli mendadak jadi trending topic dan menghebohkan media sosial twitter.

Hastag mendadak viral setelah akun twitter @SydSalesman memposting tulisan bahwa aksi bakar lilin yang suasananya hening tiba-tiba "diganggu" oleh kebisingan acara nobar Persib. Menurut akun tersebut, sejumlah loudspeaker sengaja dipasang di sekitar lokasi aksi.

"Tanpa pengeras suara. Dikepung loudspeaker yang sengaja dipasang di sekitar lokasi dan siarkan live Persib Bandung - Jawa Barat ! #Justice4Ahok," tulis akun tersebut yang dirilis PRFM.

Humas Pemerintah Provinsi Jawa Barat pun segera melakukan klarifikasi. Dalam akun twitternya, Humas Jabar menuturkan, acara nobar Persib sudah lama direncanakan dan digelar bersamaan dengan agenda Ngopi Saraosna Vol.2. Dua acara tersebut sudah dipersiapkan dan disosialisasikan sejak lama. Menurut Humas Jabar, acara bakar lilin lah yang tidak mengantongi izin resmi.

"Gedung Sate menyatakan bahwa giat tersebut (aksi bakar lilin) tidak mendapatkan izin resmi. Terkait adanya isu "pengerasan suara" dari kami pada saat acara #NgopiSaraosna Vol. 2 adalah sebagai berikut besarnya volume suara pada saat acara #NgopiSaraosna telang disetting dengan volume standar luar ruangan. Semoga tweet klarifikasi dari kami bisa membantu untuk menjelaskan keluhan yang ditujukan kepada akun kami. Terima kasih," tulis akun @humasjabar.

Sejumlah bobotoh Persib pun mengomentari aksi bakar lilin yang dinilai terganggu oleh nobar. Mereka memberikan protes terhadap aksi tersebut dengan menggunakan #BandungTeuPaduli.

"Besarnya gelombang protes terhadap lilin di Bandung menandakan tanah pasundan lebih mencintai persib ketimbang Ahok, #BandungTeuPaduli," cuit akun @TrioMacn2000.

"#BandungTeuPaduli Ga perlu tau masalah politik, Agama apapun di Bandung, Nobar Persib itu tradisi, jangan di Bandung kalau ke ganggu karena Persib," cuit akun @ariyantot0.

"Kang @ridwankamil aja sudah lama bikin edaran buat dukung Persib dengan nobar seperti ini, buat jaga tradisi bukan buat ganggu aksi lilin!" cuit @AlbertWDNamara.

Hingga berita ini diturunkan, #BandungTeuPaduli masih menjadi trending topic. Cuitan dari para netizen pun masih terus bertambah.

Editor: Endan Suhendra

BERITA TERKAIT

Komentar