Pelatih Persib, Budiman dan Yaya Sunarya Ikuti Kursus Kepelatihan A AFC

Pelatih Persib, Budiman dan Yaya Sunarya Ikuti Kursus Kepelatihan A AFC Sutanto Pelatih Persib U-19, Budiman memperhatikan pemain pada sesi latihan di Lapangan Ciujung, Jalan Supratman, Kota Bandung, Senin (5/2/2018). Pelatih berlisensi B AFC tersebut akan mengikuti kursus kepelatihan lisensi A AFC mulai 19 Februari hingga 5 Maret mendatang.

PELATIH Persib Bandung U-19, Budiman akan mengikuti kursus lisensi A AFC di Sawangan, Depok mulai 19 Februari hingga 5 Maret mendatang. Selain Budiman, pelatih fisik Persib Bandung, Yaya Sunarya juga akan mengikuti kursus serupa.

Ditemui usai sesi latihan di Lapangan Ciujung, Jalan Supratman, Kota Bandung, Senin (5/2/2018), Budiman bersyukur bisa mengikuti kurus kepelatihan lisensi A AFC. Menurutnya, kurus tersebut sangat berpengaruh bagi perkembangan karir sebagai pelatih.

Selain itu, dari kursus kepelatihan Budiman bertekad memberikan ilmu yang didapatkannya nanti untuk mengembangkan sepakbola Indonesia terutama Diklat Persib.

"Ini kesempatan yang tidak boleh disia-siakan. Bisa jadi bekal untuk saya kedepannya supaya bisa memajukan sepakbola dari ilmu yang didapat nanti. Termasuk untuk mempersiapkan tim Persib U-19 nanti," kata pelatih yang saat ini berlisensi B AFC.

setelah berbekal lisensi A AFC, ia bertekad untuk menyusun program latihan yang lebih bervariasi sehingga tim yang dilatihnya meraih pencapaian yang bagus. Apalagi, kursus lisensi A AFC memiliki perbedaan dengan kursus kepelatihan yang pernah diikutinya yakni C dan B AFC.

Dijelaskan, sepengetahuannya lisensi A AFC lebih menitikberatkan pada persiapan tim secara utuh untuk menghadapi kompetisi dan pertandingan.

"Kalau di (kursus) A AFC lebih ke taktik strategi, lebih ke pertandingan seutuhnya, realistis dan program latihan buat mempersiapkan tim dan profesional," jelasnya.

Budiman mengatakan, keikutsertaan dirinya pada kursus lisensi A AFC tidak akan menganggu persiapan tim Persib U-19 untuk menghadapi kompetisi Liga 1 U-19. Menurutnya, program latihan tetap berjalan sebagaimana sudah dirancang sebelumnya.

Apalagi, kata dia, ketika mengikuti kursus dirinya bisa memantau tim dengan tetap berkomunikasi secara konsisten dengan pelatih fisik Persib U-19, Gilang Fauzi.

"Selama saya kursus, latihan dimandatkan kepada Kang Gilang dulu. Jadi program tetap berjalan," ucapnya.

Editor: Brilliant Awal

Komentar