Nodai Rekor Kandang Persib, Perseru Kirim Semen Padang ke Jurang Degradasi

Nodai Rekor Kandang Persib, Perseru Kirim Semen Padang ke Jurang Degradasi Sutanto

PERSIB mengakhiri akhiri kompetisi dengan hasil tragis dipermalukan Perseru Serui 0-2 pada laga pamungkas Liga 1 2017. Gol Perseru dicetak Karube Ryutaro menit 69 dan‎ Escobar Benitez menit 80.

Kekalahan ini menjadi ending paling menyedihkan dalam perjalanan Persib di Liga 1 2017. Karena, catatan Persib yang tak pernah kalah di kandang pun berakhir di tangan tim Serui. Bagi serui, 3 poin dari Persib membuatnya bertahan di kasta tertinggi liga Indonesia. 

Pada sepuluh menit babak pertama, Persib memiliki banyak peluang melalui kreasi serangan dari sektor sayap. Tapi beberapa kali kesempatan terbuang‎ percuma karena proses finishing yang kurang akurat.

Termasuk dua peluang dari Febri Hariyadi di menit 20 dan 21. ‎Perseru yang jarang melakukan serangan memiliki peluangterbaik dari serangan balik Mariando dkk. Beruntung bola masih diselamatkan tiang gawang. Hingga berakhirnya babak pertama, kedudukan tetap bertahan 0-0.

Di babak kedua, Billy Keraf masuk menggantikan Shohei Matsunaga. Pertandingan berlangsung di tengah hujan lebat. Bahkan cukup mengganggu laju bola.

Pada menit 53, Persib nyaris dipermalukan Perseru. Beruntung tembakal salah seorang pemain Perseru masih di atas mistar gawang.

Persib baru mendapatkan kans terbaik melalui billy Keraf di menit 55. Aksi solo run Billy tak berbuah gol setelah dijegal kiper Annas Fitranto dan tak berbuah penalti.‎ Dengan kondisi lapangan yang tergenang sangat mempengaruhi kualitas permainan kedua tim. Bahkan Febri Hariyadi sempat terjatuh karena licin oleh genangan air saat akan menembakkan si kulit bundar.

Di luar pertandingan, pintu samping timur akhirnya jebol dan ribuan bobotoh masuk.  Persib akhirnya kecolongan di menit 69 melalui tendangan bebas Karube Ryutaro. Perseru unggul 1-0. Kemudian Perseru menambah gol lewat Escobar. Perseru unggul 2-0.

Kecolongan dua gol, Persib mengganti wildansyah dengan Gian Zola. Di lima menit sisa laga Persib gagal mengejar defisit dua gol dan menyerah 0-2. Tidak hanya hasil negatif, flare dan petasan bertebaran di tribun penonton dan membuat kekalahan semakin memilukan. Karena sanksi pun kembali membayangi.

Kemenangan Perseru sekaligus mengirim Semen Padang ke Liga 2 meskipun pada saat bersamaan bisa mengalahkan PS TNI 2-0.

Editor: Endan Suhendra

BERITA TERKAIT

Komentar