BOPI Minta Polisi Tak Keluarkan Izin Laga Persib vs Sriwijaya FC

BOPI Minta Polisi Tak Keluarkan Izin Laga Persib vs Sriwijaya FC

TIGA hari jelang gelaran Piala Presiden 2018, Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) meminta polisi tidak mengeluarkan rekomendasai izin penyelenggaraan. BOPI menegaskan, hal itu harus dilakukan hingga ada verifikasi klub.

Ketua Tim Verfikasi BOPI, Iman Suroso telah menggelar pertemuan dengan pihak PSSI yang diwakili Marco Gracia Paulo dan wakil PT Liga Indonesia Baru, Risha Adi Wijaya dan Tigor Boboy, yang bertindak sebagai Organizing Committe (OC).

Dikatakan Iman, pihak penyelenggara Piala Presiden mengharapkan toleransi agar proses verifikasi bisa dilakukan sesudah 20 Januari. Sebab, tanggal tersebut merupakan batas waktu bagi klub-klub untuk melengkapi berkas administrasi.

Verifikasi ini dinilai sangat penting, mengingat turnamen tersebut mernggunaan nama Presiden yang harus dijaga  mertabatnya. Ketua Tim Verfikasi BOPI Iman Suroso menyebutkan, sedikitnya lima tim peserta Piala Presiden belum pernah diverifikasi. Tiga klub di antaranya adalah klub promosi seperti Persebaya, PSMS Medan, dan PSIS Semarang. Sementara dua klub lainnya yang berasal dari Liga 2, Martapura dan PSPS Pekan Baru, juga belum pernah diverifikasi.

"Verifikasi dilakukan agar klub-klub memiliki legalitas yang jelas, termasuk daftar pemain di mana di dalamnya terdapat pemain asing. Jangan sampai Piala Presiden ternoda karena pesertanya masih memiliki persoalan legalitas, sehingga memiliki risiko tinggi terhadap persoalan hukum yang akhirnya berdampak buruk pada atlet-nya," kata Iman, dikutip prfmnews.com, Sabtu (13/1/2018).

Rencananya, Piala Presiden mulai digelar pada Selasa (16/1/2018) mendatang. Laga pembuka akan mempertemukan Persib bandung kontra Sriwijaya FC. Rencananya, laga tersebut akan dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Sementara itu, Ketum BOPI Noor Aman mengimbau kepolisian untuk tidak memberikan izin keramaian pada empat lokasi penyelenggaraan Piala Presiden sebelum ada rekomendasi resmi dari BOPI.

Editor: Brilliant Awal

BERITA TERKAIT

Komentar