Cara Mudah Mengatasi Hidung Bayi yang Tersumbat


Bayi yang terserang penyakit membuat orang tua menjadi tidak tenang dan selalu khawatir akan kesehatannya. Tidak dapat dipungkiri memang sering kali hidung bayi tersumbat dan terkadang membuatnya susah bernafas, terlebih jika bayi masih berusia di bawah 1 tahun. Bayi sangat rentan terhadap penyakit dikarenakan sistem kekebalan tubuhnya yang belum sempurna. Si kecil akan rewel sepanjang hari saat hidungnya tersumbat karena merasa tidak nyaman dengan saluran pernafasannya. Sakit yang dialami si kecil akan membuatnya nafsu menyusui menjadi berubah dan sulit untuk tidur.



Si kecil tidak dapat bernafas dengan lega saat hidungnya tersumbat karena penumpukan ingus atau lendir dalam hidung, pembengkakan hidung dan pembuluh darah serta jaringan yang saling berdekatan dengan hidung juga membuat si kecil tidak dapat bernafas dengan nyaman. Saat si kecil sedang mengalami sakit hidung tersumbat, ibu harus mengetahui beberapa produk yang dapat membantu menyelesaikan sakitnya. 

Beberapa produk yang dapat digunakan ibu diantaranya :

1.       Humidifier

Merupakan pelembab udara yang dapat digunakan di dalam ruangan untuk membuat kondisi ruangan menjadi nyaman bagi si kecil sehingga tidak rewel saat tidur.

2.       Inhalant decongestant

Merupakan minyak yang dapat digunakan untuk membantu melegakan hidung tersumbat serta melegakan pernafasan pada bayi

3.       Pipet atau selang penyedot ingus

Sesuai dengan namanya, alat penyedot ingus ini digunakan untuk membantu menyedot ingus dalam hidung yang sedang tersumbat pada bayi.

Selain mengenal dan memiliki produk untuk membantu meredakan hidung tersumbat pada bayi, ibu perlu mengetahui beberapa cara mengatasi hidung pada bayi, diantaranya :

1.       Menambah asupan cairan tubuh pada si kecil

Pada  umumnya si kecil yang terkena hidung tersumbat akan kehilangan cairan tubuh dalam jumlah yang cukup banyak sehingga ibu harus senantiasa menjaga dan menambah asupan cairan tubuh bagi si kecil agar ingus cepat keluar. Ibu dapat memberikan ASI atau susu formula kepada si kecil untuk menghindari dehidrasi dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

2.       Menghilangkan ingus atau lendir dalam hidung

Salah satu cara yang dapat dilakukan ibu untuk mengatasi hidung tersumbat pada si kecil adalah dengan membantunya mengeluarkan ingus atau lendir di dalam hidung. Mengeluarkan ingus pada si kecil akan membuat saluran pernafasannya menjadi lebih lancar. Ibu dapat melakukannya dengan menggunakan alat penyedot berbentuk pipet kecil yang tersedia dalam berbagai merek. Namun jangan sampai gunakan alat penyedot ini untuk mulut karena akan membuat bakteri menempel di hidung sehingga membuatnya tidak kunjung sembuh.

3.       Menggunakan pelembab udara atau humidifier

Humidifier atau pelembab udara dapat digunakan di dalam kamar untuk membantu meredakan hidung tersumbat pada si kecil. Jika tidak memiliki humidifier ibu dapat menggunakan uap air panas dan biarkan sekitar 10 – 15 menit hingga si kecil menghirupnya atau juga dapat dilakukan menggunakan pemanas air di kamar mandi. Cara penggunaannya tidaklah berbeda, hanya dengan membawa si kecil ke dalam kamar mandi dan biarkan di kecil terkena uap tersebut guna meredakan hidung yang tersumbat.

Hidung tersumbat yang dialami si kecil membuatnya sangat tidak nyaman untuk beraktivitas sehingga ibu harus segera melakukan tindakan dengan beberapa cara meredakan hidung tersumbat pada si kecil. Pastikan bahwa ibu telah memiliki produk – produk untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi dan memahami berbagai cara meredakannya. Jika si kecil sehat ibu pun merasa senang dan tenang.

Posting Komentar

0 Komentar