Perhatian! Penggunaan Masker Kain akan Efektif, Jika...


Bisnis jual masker kain semakin marak. Hal ini tidak terlepas dari permintaan pasar akan masker kain. Sejak pandemi Covid-19, masker menjadi kebutuhan dasar setiap orang sebagai perlindungan diri agar tidak tertular virus corona. Berbagai jenis masker kain tersedia di pasaran, mulai yang masker kain polos hingga masker fullprint.


Himbauan pemakain masker kain dikeluarkan sejak masker bedah langka di pasaran sehingga harganya melambung tinggi. Meskipun efektivitas masker kain tidak sebaik masker bedah dan masker medis lainnya, masker ini tetap mampu melindungi diri Anda dari terpapar virus corona secara langsung. Pemakaian masker kain juga jauh lebih baik daripada tidak mengenakan pelindung wajah sama sekali.

Agar Masker Kain Lebih Efektif

Untungnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat masker kain lebih efektif menangkal virus corona, yaitu sebagai berikut :

  1. Ukurannya pas
Pertama, ukuran masker harus pas di wajah Anda. Jangan pilih masker yang kebesaran ataupun kekecilan. Dari sekian banyak yang jual masker kain, tentunya ada salah satu penjual yang membuat masker dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah mencarinya dengan teliti.

Masker kain yang pas harus bisa menutup hidung, mulut, dan dagu dengan baik. Ketika dikenakan, masker tidak gampang melorot dan juga tidak membuat iritasi atau lecet. Anda yang memakainya pun masih bisa bernapas dengan lega.

  1. Terdiri dari 3 lapis kain
Kedua, masker kain minimal terdiri dari 3 lapis kain. Ini merupakan stAndar masker kain yang seharusnya dipenuhi. Sayangnya, tidak semua masker kain yang dijual di pasaran memenuhi kriteria ini. Tidak sedikit yang membuat masker dengan satu layer kain saja.

  1. Masker tidak disentuh
Ketiga, jangan menyentuh masker terutama yang bagian luar. Masker bagian luar bersifat infeksius. Anda tidak tahu partikel apa saja yang menempel pada bagian itu. Karena itulah, Anda sebaiknya tidak menyentuh masker. Jika sampai tersentuh, segera cuci tangan Anda dengan menggunakan air mengalir dan sabun. Bisa juga menggunakan hand sanitizer.

  1. Dilepas dengan cara yang benar
Keempat, lepas masker dengan cara yang benar. Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, sebisa mungkin jangan menyentuh masker bagian luar. Untuk melepasnya, pegang tali masker dan lepas secara perlahan-lahan. Simpan di kantung khusus jika Anda masih berada di luar rumah. Jika Anda sudah sampai di rumah, Anda bisa merendam masker kain dan segera mencucinya.

  1. Diganti setelah 4 jam
Kelima, ganti masker setelah empat jam pemakaian. Kenapa harus diganti? Setelah empat jam, masker kain menjadi tidak efektif dalam menangkal partikel virus. Untuk itu, Anda perlu menggantinya dengan yang baru. Karena alasan ini pula, Anda harus punya masker kain lebih dari situ. Mengingat banyak yang jual masker kain dengan harga murah, tidak ada lagi alasan bagi Anda hanya memiliki satu buah masker.

  1. Dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan lainnya
Keenam, penggunaan masker harus dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan lainnya, yaitu :

-          Rajin mencuci tangan menggunakan air dan sabun selama minimal 20 detik
-          Jaga jarak fisik atau physical distancing
-          Hindari kerumunan
-          Tidak menyentuh area wajah
-          Jaga daya tahan tubuh

Nah, itulah 6 cara yang bisa Anda terapkan agar penggunaan masker kain lebih efektif. Tanpa dibarengi protokol kesehatan lainnya, masker kurang efektif melindungi diri Anda dari terpapar virus corona. Anda perlu mematuhi protokol kesehatan yang ada. Miliki lebih dari satu masker fullprint untuk dipakai bergantian dengan membelinya di tempat yang jual masker kain sesuai stAndar. Dengan begini, Anda telah melindungi diri Anda secara maksimal.

Posting Komentar

0 Komentar