Transaksi Internet Banking BRI Dijamin Aman dengan Cara Ini

Saat ini layanan bank sudah memberikan para nasabah kemudahan transaksi, yang dimana saja bisa dilaksanakan seperti layanan Internet Banking BRI. Layanan internet banking telah mengambil peran penting di masyarakat modern seiring dengan perkembangan teknologi, dimana aktivitas transaksi tersebut sering dilakukan. Meskipun memberi kemudahan, tentu saja ada resiko yang bisa menjadi ancaman apabila nasabah kurang peduli atau melupakannya.

 


Kejahatan seperti ini sering terjadi juga karena kecanggihan teknologi, dan Anda sebagai salah satu nasabah yang sering melakukan transaksi keuangan melalui internet banking harus paham cara menjaga keamanannya. Berikut ada tips sederhana yang menjelaskan cara nasabah bisa mengamankan transaksi internet banking dari tindak kejahatan internet (cyber crime) sendiri. Silahkan diikuti.

Ancaman Phising yang Perlu Diwaspadai Setiap Individu

Sejak zaman dulu hingga sekarang modus penipuan online yang paling intens terjadi salah satunya adalah phising. Tindakan ini perlu diwaspadai karena merupakan tindak kejahatan yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab dengan mencuri data-data nasabah yang bersifat rahasia dan penting secara ilegal.

Contoh data-data yang sering dicuri dalam tindak kejahatan ini adalah informasi user ID, password, nomor kartu kredit, nomor rekening tabungan, nama ibu kandung, CVV, kode OTP dan hal lainnya. Tujuan dari kejahatan pencurian informasi secara ilegal ini adalah untuk mengeruk keuntungan pribadi dari korban dengan cara menguras uang di rekening tabungannya.

Anda perlu waspada ketika mendapatkan email dan link palsu yang disampaikan melalui SMS, Whatsapp, telepon atau DM (direct message) dari pengirim tidak dikenal. Karena memang itu teknik yang sering dipakai para pelaku cyber crime phising di awal untuk menguras uang para korbannya.

Lantas, bagaimana nasabah bisa selamat dari tindak kejahatan tersebut? Adalah dengan tidak mengklik pesan email atau link dari pengirim tidak dikenal. Serta gunakan juga website yang aman untuk menjaga kerahasiaan data-data dan mengecek akun bank secara berkala.

Ingin Aman Bertransaksi di Internet Banking? Begini Caranya

1. Data Perbankan Wajib Dirahasiakan

Segala hal yang berkaitan dengan transaksi data-data nasabah tidak bisa dilakukan di luar dari kantor cabang bank. Petugas bank tidak pernah meminta informasi data nasabah melalui email atau secara langsung kepada para nasabah. Jika ada email yang masuk ada mailbox Anda berisikan data keuangan yang tampak mencurigakan, abaikan saja.

Anda juga dapat secara langsung memastikan keaslian email tersebut melalui cabang bank tempat rekening dibuat. Ingat bahwa data-data perbankan wajib dirahasiakan  dan ini sudah masuk dalam salah satu peraturannya.

2. Secara Berkala Mengubah Password atau Kata Sandi

Penting bagi Anda lakukan selanjutnya adalah secara berkala mengubah password atau kata sandi rekening bank. Kegiatan ini bisa dilakukan selama 3-6 bulan sekali apabila sering melakukan transaksi. Buatlah password yang terdiri dari 6 karakter dengan campuran untuk menjaga keamanan transaksi internet banking Anda.

Dianjurkan kepada nasabah untuk tidak menggunakan jaringan wifi umum ketika hendak melaksanakan transaksi perbankan sebagai langkah proteksi keamanan. Tambah keamanan transaksi dengan hanya menggunakan komputer atau smartphone pribadi.

3. Alamat Website Bank yang Dikunjungi Tidak Mencurigakan

Sebelum memasukkan informasi pribadi dalam layanan internet banking, pastikan sudah mengecek keamanan website. Apakah Anda benar menggunakan situs otentik yang aman dan tidak mencurigakan. Hal ini akan membantu mengurangi ancaman cyber crime yang suka mencuri informasi pribadi dan password para nasabah.

4. Jika Ada Transaksi Mencurigakan, Segera Cek Rekening 

Anda bisa menghindari cyber crime yang sering menimpa pengguna internet banking ketika rutin mengecek rekening bank. Aktivitas ini cukup penting, dan harus dilakukan sesegera mungkin ketika menemukan ada transaksi mencurigakan.

Kemudahan transaksi memang memudahkan nasabah berkat kecanggihan teknologinya, seperti Internet Banking BRI. Maka dari itu sebagai nasabah Anda harus selalu waspada terhadap cyber crime. Sekian.

Deskripsi: Internet Banking BRI, beginilah kemudahan transaksi di Internet Banking dari bank BRI, pilih sekarang juga.

Posting Komentar

0 Komentar